Jumat, 04 Februari 2011

Gear Box Motor 2 tak dan 4 tak

| Jumat, 04 Februari 2011 | 0 komentar

Gear Box

Gear box adalah blok tempat sistem transmisi (persneling). Persneling digunakan untuk meneruskan tenaga putaran poros engkol ke gigi transmisi. Hal ini memungkinkan pengendara sepeda motor dapat memilih gigi transmisi yang tepat sesuai dengan kecepatan dan kondisi jalan. Sistem transmisi terdiri atas tiga bagian, yaitu mekanik pemindah gigi, poros utama, dan poros lawan.

Mekanik pemindahan gigi berfungsi untuk menggeser gigi transmisi pada poros utama. Poros utama merupakan bagian sistem transmisi yang berhubungan langsung dari poros engkol. Poros lawan merupakan bagian yang berhubungan dengan gir depan. Jadi, poros lawan berfungsi sebagai penerus tenaga dari poros engkol ke gir depan untuk menggerakan rantai dan gir depan untuk menggerakan rantai dan gir belakang. Sepeda montor bebek mempunyai 4 gigi transmisi dengan dua garpu pemindahan gigi, yaitu kanan ( R ) dan kiri (L). Pada sepeda motor yang mempunyai lima gigi transmisi (sport) terdapat tiga garpu pemindah gigi transmisi, yaitu kanan ( R ), kiri (L), dan tengah ( C ).

Dalam keadaan netral, yang berputar hanya poros utama, sedangkan poros lawan tetap diam. Jika gigi transmisi dalam keadaan masuk (tidak netral), poros lawan berputar dan memindahkan tenaga putaran ke gir depan sehingga dapat menggerakkan sepeda motor.

Sumber:
Suwarto, Toto. 2007. Mencari & Memperbaiki Kerusakan Sepeda Motor 4-Tak. Jakarta Selatan: Kawan Pustaka

Related Post



0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Archives

Pengunjung


widgeo.net

Ayat Al Quran

Follower

© Copyright 2010. wahidnh.blogspot.com . All rights reserved | wahidnh.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com| Modified by wahidnh.blogspot.com