Sabtu, 05 Februari 2011

Rem pada motor 2 tak dan 4 tak

| Sabtu, 05 Februari 2011 | 0 komentar

Rem

Rem digunakan untuk mendapakan gesekan yang bertujuan memperlambat atau menghentikan laju sepeda motor saat berjalan. Terdapat dua tipe rem pada sepeda motor, yaitu rem teromol dan rem cakram. Pada sepeda motor keluaran lama, kebanyakan menggunakan rem teromol pada roda depan dan belakang. Pada sepeda motor keluaran terbaru, kebanyakan telah menggunakan rem cakram di roda depan dan rem teromol di roda belakang.

-Rem Teromol
Pada rem teromol, mekanisme proses pengereman disebabkan oleh gesekan antara kanvas rem dengan teromol. Pada saat pedal rem diinjak atau handle rem ditarik, kabel rem menggerakkan lengan rem dan memutar hubungan rem. Bubungan rem akan mendorong sepatu rem, menyebabkan sepatu rem mengembang. Akibatnya, terjadi gesekan antara kanvas rem dengan teromol.

-Rem Cakram
Pada rem cakram, mekanisme pengereman disebabkan gesekan antara cakram yang dijepit oleh kanvas rem dari dua sisi. Ukuran diameter cakram yang lebih besar menyebabkan torsi yang diberikan saat pengereman juga lebih besar. Hal ini memungkinkan pengereman lebih pakem daripada rem teromol. Rem cakram modern menggunakan sistem hidraulik. Ketika handle rem ditarik, piston dalam silinder master menekan minyak rem, sehingga piston caliper mendorong kanvas rem dan menyebabkan terjadinya gesekan antara kanvas dan cakram.

Sumber:
Suwarto, Toto. 2007. Mencari & Memperbaiki Kerusakan Sepeda Motor 4-Tak. Jakarta Selatan: Kawan Pustaka

Related Post



0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Archives

Pengunjung


widgeo.net

Ayat Al Quran

Follower

© Copyright 2010. wahidnh.blogspot.com . All rights reserved | wahidnh.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com| Modified by wahidnh.blogspot.com