Sabtu, 05 Februari 2011

Starter Motor 4 Tak dan 2 Tak

| Sabtu, 05 Februari 2011 | 0 komentar

Starter Motor 4 Tak dan 2 Tak

Starter adalah penggerak awal (start) dalam proses menghidupkan mesin. Ada dua jenis stater pada sepeda motor, yaitu starter kaki (kick starter) dan starter elektrik yang menggunakan motor listrik. Kedua jenis starter ini mempunyai fungsi yang sama, yaitu menggerakkan poros engkol.

-Klick Starter
Starter sepeda motor yang menggunakan tenaga dorongan kaki untuk menghidupkan mesin disebut starter kaki (kick starter). Hampir semua jenis sepeda motor 4-tak dan 2-tak memiliki starter kaki. Prinsip kerja starter kaki, ketika kaki mengentak lengan starter menyebabkan berputarnya poros starter, gigi penggerak, poros utama gigi transmisi, dan berputarnya poros engkol. Berputarnya poros engkol merupakan langkah awal hidupnya mesin.

-Starter Elektrik
Starter elektrik merupakan sebuah alat alternatif untuk menghidupkan mesin. Fungsi starter elektrik sama seperti fungsi starter kaki, yaitu menghasilkan tenaga untuk menggerakkan poros engkol sebagian langkah awal untuk menghidupkan mesin. Starter elektrik memiliki tiga komponen utama, yaitu baterai (aki) sebagai sumber arus, switch untuk memperbesar arus dari baterai, dan motor listrik yang dapat menggerakkan poros engkol.

Sumber:
Suwarto, Toto. 2007. Mencari & Memperbaiki Kerusakan Sepeda Motor 4-Tak. Jakarta Selatan: Kawan Pustaka

Related Post



0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Archives

Pengunjung


widgeo.net

Ayat Al Quran

Follower

© Copyright 2010. wahidnh.blogspot.com . All rights reserved | wahidnh.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com| Modified by wahidnh.blogspot.com