Jumat, 19 Agustus 2011

MENJAGA KECUKUPAN GIZI DI USIA LANJUT

| Jumat, 19 Agustus 2011 | 0 komentar

MENJAGA KECUKUPAN GIZI DI USIA LANJUT

Saat seseorang telah mencapai usia lanjut, maka salah satu upaya utama adalah mempertahankan status gizinya untuk tetap optimum agar kualitas kehidupan yang bersangkutan tetap baik. Status gizi ini sangat dipengaruhi oleh faktor kesehatan dan faktor lingkungan.

Faktor kesehatan yang berperan dalam perubahan status gizi antara lain adalah naiknya insidensi penyakit degenerasi maupun non degenerasi yang berakibat dengan perubahan asupan makanan, perubahan dalam absorpsi dan utilisasi zat-zat gizi di tingkat jaringan tubuh, dan obat-obat yang harus diminum para lansia. Sedangkan faktor lingkungan yang berpengaruh antara lain adalah perubahan kondisi sosial ekonomi ataupun isolasi sosial berupa hidup sendiri setelah pasangan meninggal.

Gangguan gizi pada orang tua dapat berupa kekurangan gizi atau kelebihan gizi. Keadaan ini dapat menyebabkan munculnya penyakit atau merupakan akibat dari suatu penyakit. Indonesia mempunyai standar untuk kebutuhan zat-zat gizi dengan menggunakan standar FAO/WHO sebagai acuan utamanya. Berikut adalah contoh daftar kecukupan gizi lansia untuk Indonesia yang dijabarkan dalam porsi makanan/ukuran rumah tangga.

Tabel 1. Kecukupan makanan satu hari ( usia 60 tahun keatas )

Jenis bahan makanan

Laki-laki

Perempuan

1. Nasi

3 x 200 gram

(3 x 1,5 gls blimbing)

2 x 200 gram

(2 x 1,5 gls blb)

2. Lauk daging/ikan,

tempe

tahu

1,5 x 50 gram

5 x 25 gram (1 pt kecil)

5 x 50 gram

2 x 50 gram

4 x 25 gram (1 pt kecil)

4 x 50 gram

3. Sayur

1,5 x 100 gram

(1,5 x 1 gls penuh sayur)

1,5 x 100 gram

4. Buah

2 x 100 gram

(1 pt sedang)

2 x 100 gram

(1 pt sedang)

Sumber : Leaflet DepKes RI

Terjadinya kekurangan gizi pada lansia ada yang bersifat primer, yaitu ketidaktahuan, isolasi sosial, hidup seorang diri, gangguan indera, gangguan mental, kemiskinan, dan iatrogenik. Sebab sekunder antara lain gangguan nafsu makan/selera, gangguan mengunyah, malabsorpsi, obat-obatan, alkoholisme dll. Keadaan kurang gizi yang biasa berbentuk KKP (Kurang Kalori Protein ) mudah dilihat melalui penampilan umum, yakni adanya kekurusan atau rendahnya berat badan seorang lansia dibanding dengan baku yang ada.

Kelebihan zat gizi biasanya berhubungan dengan afluency dan gaya hidup pada usia sekitar 50 tahun. Kelebihan gizi dapat membawa anda pada keadaan obesitas yang merupakan faktor resiko utama munculnya berbagai penyakit metabolisme seperti diabetes melitus dan dislipidemia. Penyakit-penyakit seperti itu membutuhkan pengelolaan dietetik khusus yang mungkin harus dijalani seumur hidup. Obesitas juga mempengaruhi penampilan anda, yang pada akhirnya dapat mengganggu jiwa anda dan kurang rasa percaya diri. (Obesitas tentunya juga dapat mengganggu orang lain misalnya ketika anda mengambil tempat terlalu banyak ketika naik angkot).

Oleh karena itu untuk mencapai gizi seimbang dan mengurangi berbagai resiko penyakit degenerasi yang dihadapi para lansia, anda yang akan atau sedang menjalani masa ini dapat mengikuti beberapa tips berikut ini :

  1. Makan beraneka ragam makanan untuk mendapatkan gizi dari berbagai sumber, termasuk diantaranya sumber karbohidrat kompleks, protein hewani dasn nabati sebagai sumber zat besi, sayur mayur, dan buah-buahan.

  2. Batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak, minyak yang berlebihan dan yang tinggi gula murni.

  3. Perbanyak frekuensi konsumsi hewani laut dalam menu harian. Lemak tak jenuh omega-3 dalam ikan mencegah terjadinya arterosklerosis.

  4. Gunakanlah garam ber-iodium, namun batasi penggunaan garam berlebihan seperti makanan yang diawetkan dengan penggaraman.

  5. Minumlah air yang bersih, telah dididihkan, dasn cukup jumlahnya.

Saran-saran di atas perlu disertai dengan olahraga teratur dan hubungan sosial yang harmonis dengan keluarga atau tetangga dan rekan kerja, sehingga anda dapat menerima hari-hari tua sebagai suatu berkah untuk dinikmati. (doddy)



Related Post



0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Archives

Pengunjung


widgeo.net

Ayat Al Quran

Follower

© Copyright 2010. wahidnh.blogspot.com . All rights reserved | wahidnh.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com| Modified by wahidnh.blogspot.com