|
| Gangguan Proses Pikir
Data Utama : Waham Tidak mampu berkonsentrasi Defisit memori Disorientasi (waktu, tempat, orang)
Data Penunjang : DS : “Saya binggung harus ngapain mbak“ “Kalau disini saya itu binggung “ “Saya tidak tahu siapa dia!” DO: Mampu melakukan aktivitas seperti menyapu dan menyiapkan kursi untuk makan dengan motivasi
| TUPAN : Klien tidak mengalami gangguan proses piker dan berfungsi optimal di lingkungan sosialnya.
TUPEN : Setelah dilakukan interaksi 6x. klien mampu mengingat kejadian/masalah-masalah dimasa lalu dengan indicator/criteria hasil :
Klien mampu mengingat kembali kejadian /masalah-masalah jangka pendek Klien dapat mengingat kembali informasi/masalah-masalah jangka menengah. Klien dapat mengingat kembali informasi/masalah-masalah jangka panjang.
Klien mampu meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan sekitar, setelah dilakukan interaksi selama 6x dengan indicator/criteria hasil :
Klien mampu mengidentifikasi lingkungan sekitar sesuai realita/kenyataan. Klien mampu mengungkapkan perasaannya setelah mengidentifikasi lingkungan sekitar. Klien mengungkapkan keuntungan mengidentifikasi lingkungan.
setelah dilakukan interaksi selama 6x, klien mengenal waham nya dengan indicator/kriteria hasil :
klien mampu mengenal terjadinya waham. Klien mampu mengungkapkan isi waham. Klien mengungkapkan frekuensi waham. Klien mampu mengungkapkan perasaan terkait dengan waham.
Setelah dilakukan interaksi selama 6x, klien mampu mengontrol wahamnya dengan indicator/criteria hasil.
klien tidak menganggapi wahamnya klien melaporkan penurunan frekuensi munculnya waham. Klien meminta validasi terhadap kebenaran/realita/kenyataan. Klien mendemonstrasikan penolakan hadirnya waham Klien menunjukan pola pikir yang logis. Klien menunjukan kemampuan untuk memahami ide-ide atau pikiran orang lain. Klien mendemonstrasikan kemampuannya berinteraksi dengan orang lain secara tepat. Klien memanfaatkan obat dengan baik.
setelah dilakukan interaksi selama 6x, klien mampu mempertahankan konsentrasi dengan indicator/kritria hasil :
Klien mampu memperhatikan dan mendengarkan dengan baik saat diajak bicara. Klien mampu melaksanakan instuksi sederhana yang diberikan. Klien dapat menjawab pertanyaan yang diberikan dengan tepat.
|
Latihan Mengingat (Memory Training)
Monitor daya ingat klien Kaji kemampuan klien dalam mangingat sesuatu Ingatkan kembali pengalaman masa lalu klien dengan cara yang tepat Stimulasi pikiran dengan mengulangi pikiran yang diekspreasikan klien secara tepat (ingatkan klien tentang kejadian /peristiwa yang baru saja dialami klien Latihan orientasi klien, missal dangan mangingat hari, tanggal, jam, musim, informasi yang bersifat pribadi, dsb.
stimulasi Kongnitif (Cognitive Stimulation )
Monitor interprestasi klien terhadap lingkungan (mis : tempat, orang disekitarnya, dsb.) Buat jadwal aktivitas/kegiatan harian bersama klien. Dorong klien untuk melakukan aktivitas sesuai jadwal yang telah dibuat tersebut. Libatkan klien dalam TAK Orientasi Realita.
Manajemen Delusi (Delusi Management)
BHSP (prinsip komunikasi terapeutik dan pertahankan konsistensi). Beri kesempatan klien untuk mendiskusikan wahamnya dengan petugas/perawat. Fokuskan diskusi pada perasaan klien (takut, marah, terganggu, dsb), bukan isi wahamnya. Dorong klien untuk mengungkapkan perasaan terkait dengan wahamnya.
Manajemen Delusi (Delusi Management)
Observasi isi wahana yang membahayakan. Membantu klien untuk mengeliminasi/menurunkan stressor yang menciptakan delusi. Dukung klien untuk melaksanakan jadwal kegiatan harian secara konsisten. Kelola pemberian obat-obat antipsikotik dan antidepressant sesuai dengan order/kebutuhan. Monitor efek samping obat.
Fasilitasi Kebutuhan Belajar (Learning Facilitation)
Observasi kemampuan klien berkonsentrasi Kaji kemampuan klien memahami dan memproses informasi dengan pertanyaan singkat dan sederhana. Tetapkan tujuan pembelajaran yang berguna dan realistis bagi klien. Gunankan bahasa yang familiar dan mudah dipahami oleh klien Dorong klien untuk menjawab pertanyaan dengan singkat dan jelas. Beri reinforcement pada setiap kemajuan klien.
|
|
0 komentar:
Posting Komentar