Jumat, 23 Maret 2012

Terapi bermain Anak

| Jumat, 23 Maret 2012 | 0 komentar

TERAPI BERMAIN


A. PENGERTIAN BERMAIN

Bermain adalah cara alamiah bagi anak mengungkapkan konflik dalam dirinya yang tidak disadari.(wholey and Wong,1991).

Bermain adalah suatu kegiatan yang dilakukan sesuai dengan keinginan untuk memperoleh kesenangan.(Foster,1989)

Bermain adalah kegiatan yang dilakukan untuk kesenangan yang ditimbulkan tanpa mempertimbangkan hasil akhir (Hurlock)

Jadimkesimpulannya bermain adalah cara untuk memperoleh kesenangan tanpa mempertimbangkan hasil akhir.


B. KATEGORI BERMAIN

1. Bermain aktif

Yaitu anak banyak menggunakan energi inisiatif dari anak sendiri.

Contoh : bermain sepak bola.

2. Bermain pasif

Energi yang dikeluarkan sedikit,anak tidak perlu melakukan aktivitas (hanya melihat) Contoh : memberikan support.


C. CIRI-CIRI BERMAIN

  1. Selalu bermain dengan sesuatu atau benda

  2. Selalu ada timbal balik interaksi

  3. Selalu dinamis

  4. Ada aturan tertentu

  5. Menuntut ruangan tertentu


D. KLASIFIKASI BERMAIN MENURUT ISI

  1. Social affective play

Anak belajar memberi respon terhadap respon yang diberikan oleh lingkungan dalam bentuk permainan,misalnya orang tua berbicara memanjakan anak tertawa senang,dengan bermain anak diharapkan dapat bersosialisasi dengan lingkungan.

  1. Sense of pleasure play

Anak memproleh kesenangan dari satu obyek yang ada disekitarnya,dengan bermain dapat merangsang perabaan alat,misalnya bermain air atau pasir.

  1. Skill play

Memberikan kesempatan bagi anak untuk memperoleh ketrampilan tertentu dan anak akan melakukan secara berulang-ulang misalnya mengendarai sepeda.

  1. Dramatika play role play

Anak berfantasi menjalankan peran tertentu misalnya menjadi ayah atau ibu


MENURUT KARAKTERISTIK SOSIAL

  1. Solitary play

Jenis permainan dimana anak bermain sendiri walaupun ada beberapa orang lain yang bermai disekitarnya. Biasa dilakukan oleh anak balita Todler.

  1. Paralel play

Permainan sejenis dilakukan oleh suatu kelompok anak masing-masing mempunyai mainan yang sama tetapi yang satu dengan yang lainnya tidak ada interaksi dan tidak saling tergantung, biasanya dilakukan oleh anak preschool

Contoh : bermain balok

  1. Asosiatif play

Permainan dimana anak bermain dalam keluarga dengan aktifitas yang sama tetapi belum terorganisasi dengan baik,belum ada pembagian tugas,anak bermain sesukanya.

  1. Kooperatif play

Anak bermain bersama dengan sejenisnya permainan yang terorganisasi dan terencana dan ada aturan tertentu. Bissanya dilakukanoleh anak usia sekolah Adolesen

E. FUNGSI BERMAIN

Anak dapat melangsungkan perkembangannya

  1. PERKEMBANGAN SENSORI MOTORIK

Membantu perkembangan gerak dengan memainkan obyek tertentu,misalnya meraih pensil.

  1. PERKEMBANGAN KOGNITIF

Membantu mengenal benda sekitar(warna,bentuk kegunaan)

  1. KREATIFITAS

Mengembangkan kreatifitas mencoba ide baru misalnya menyusun balok.

  1. PERKEMBANGAN SOSIAL

Diperoleh dengan belajar berinteraksi dengan orang lain dan mempelajari belajar dalam kelompok.

  1. KESADARAN DIRI(SELF AWARENESS)

Bermain belajar memahami kemampuan diri kelemahan dan tingkah laku terhadap orang lain.

  1. PERKEMBANGAN MORAL

Intraksi dengan orang lain bertingkah laku sesuai harapan teman menyesuaikan dengan aturan kelompok.

Contoh : dapat menerapkan kejujuran.

  1. TERAPI

Bermain kesempatan pada anak untuk mengekspresikan perasaan yang tidak enak misalnya : marah,takut,benci.

  1. KOMUNIKASI

Bermain sebagai alat komunikasi terutama bagi nak yang belum dapat mengatakan secara verbal, misalnya : melukis,menggambar,bermain peran.


F. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKTIVITAS BERMAIN

  1. Tahap perkembangan,tiap tahap mempunyai potensi/keterbatasan

  2. Status kesehatan,anak sakit→ perkembangan psikomotor kognitif terganggu

  3. Jenis kelamin

  4. Lingkungan → lokasi,negara,kultur.

  5. Alat permainan → senang dapat menggunakan

  6. Intelegensia dan status social ekonomi

G. TAHAP PERKEMBANGAN BERMAIN

  1. Tahap eksplorasi

Merupkan tahapan menggali dengan melihat cara bermain

  1. Tahap permainan

Setelah tahu cara bermain,anak mulai masuk dalam tahap perminan.

  1. Tahap bermin sungguhan

Anak sudah ikut dalam perminan.

  1. Tahap melamun

Merupakan tahapan terakhir anak membayangkan permainan berikutnya.

H. KARAKTERISTIK BERMAIN SESUAI TAHAP PERKEMBANGAN

1 BULAN

VISUAL : Lihat dengan jarak dekat

Gantungkan benda yang terang dan menyolok

AUDITORI : Bicara dengan bayi, menyanyi,musik,radio,detik jam

TAKTIL : Memeluk,menggendong,memberi kesenangan

KINETIK : Mengayun,naik kereta dorong


2-3 BULAN

VISUAL : Buat ruangan menjadi tenang,gambar,cermin ditembok

Bawa bayi ke ruangan lain

Letakkan bayi agar dapat memandang disekitar

AUDITORI : Bicara dengan bayi,beri mainan bunyi,ikut sertakan dalam pertemuan keluarga.

TAKTIL : Memandikan ,mengganti popok,menyisir rambut dengan lembut,gosok dengan lotion/bedak

KINETIK : Jalan dengan kereta,gerakan berenang,bermain air


4-6 BULAN

VISUAL : Bermain cermin,anak nonton TV

Beri mainan dengan warna terang

AUDITORI : Anak bicara,ulangi suara yang dibuat,panggil nama,

Remas kertas didekat telinga,Pegang mainan bunyi.

TAKTIL : Beri mainan lembut/kasar,mandi cemplung/cebur

KINETIK : Bantu tengkurap,sokong waktu duduk


6-9 BULAN

VISUAL : Mainan berwarna,bermain depan cermin,”ciluk ….ba”.

Beri kertas untuk dirobek-robek.

AUDITORI : Panggil nama “Mama …Papa,dapat menyebutkan bagian tubuh,

Beri tahu yang anda lakukan,ajarkan tepuk tangan dan beri perintah sederhana.

TAKTIL : Meraba bahan bermacam-macam tekstur,ukuran,main air mengalir

Berenang

KINETIK : Letakkan mainan agak jauh lalu suruh untuk mengambilnya.


9-12 BULAN

VISUAL : Perlihatkan gambar dalam buku. Ajak pergi ke berbagai tempat

Bermain bola, Tunjukkan bangunan agak jauh.

AUDITORI : Tunjukkan bagian tubuh dan sebutkan,

Kenalkan dengan suara binatang

TAKTIL : Beri makanan yang dapat dipegang

Kenalkan dingin,panas dan hangat.

KINETIK : Beri mainan

Mainan yang dianjurkan untuk Bayi 6-12 bulan

  • Blockies warna-warni jumlah,ukuran.

  • Buku dengan gambar menarik

  • Balon,cangkir dan sendok

  • Boneka bayi

  • Mainan yang dapat didorong dan ditarik

TODLER ( 2-3 TAHUN )

  • Mulai berjalan,memanjat,lari

  • Dapat memainkan sesuatu dengan tangannya

  • Senang melempar,mendorong,mengambil sesuatu

  • Perhatiannya singkat

  • Mulai mengerti memiliki “ Ini milikku ….”

  • Karakteristik bermain “Paralel Play”

  • Toddler selalu brtengkar saling memperebutkan mainan/sesuatu

  • Senang musik/irama

Mainan Untuk Toddler

  • Mainan yang dapat ditarik dan didorong

  • Alat masak

  • Malam,lilin

  • Boneka,Blockies,Telepon,gambar dalam buku,bola,dram yang dapat dipukul,

krayon,kertas.


PRE-SCHOOL

  • Cross motor and fine motors

  • Dapat melompat,bermain dan bersepeda.

  • Sangat energik dan imaginative

  • Mulai terbentuk perkembangan moral

  • Mulai bermain dengan jenis kelamin dan bermain dgn kelompok

  • Karakteristik bermain

  • Assosiative play

  • Dramatic play

  • Skill play

  • Laki-laki aktif bermain di luar

  • Perempuan didalam rumah

Mainan untuk Pre-school

  • Peralatan rumah tangga

  • Sepeda roda Tiga

  • Papan tulis/kapur

  • Lilin,boneka,kertas

  • Drum,buku dengan kata simple,kapal terbang,mobil,truk


USIA SEKOLAH

    • Bermain dengan kelompok dan sama dengan jenis kelamin

    • Dapat belajar dengan aturan kelompok

    • Belajar Independent,cooperative,bersaing,menerima orang lain.

    • Karakteristik “Cooperative Play”

    • Laki-laki : Mechanical

    • Perrempuan : Mother Role

Mainan untuk Usia Sekolah

6-8 TAHUN

Kartu,boneka,robot,buku,alat olah raga,alat untuk melukis,mencatat,sepeda.


8-12 TAHUN

Buku,mengumpulkan perangko,uang logam,pekerjaan tangan,

kartu,olah raga bersama,sepeda,sepatu roda.


BERMAIN DI RUMAH SAKIT

TUJUAN

  1. Melanjutkan tugas kembang selama perawatan

  2. Mengembangkan kreativitas melalui pengalaman permainan yang tepat

  3. Beradaptasi lebih efektif terhadap stress karena sakit atau dirawat

PRINSIP

  1. Tidak banyak energi,singkat dan sederhana

  2. Mempertimbangkan keamanan dan infeksi silang

  3. Kelompok umur sama

  4. Melibatkan keluarga/orang tua.

UPAYA PERAWATAN DLM PELAKSANAAN BERMAIN

  1. Lakukan saat tindakan keperawatan

  2. Sengaja mencari kesempatan khusus

BEBERAPA HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN

  1. Alat bermain

  2. Tempat bermain

PELAKSANAAN BERMAIN DI RS DIPENGARUHI OLEH :

  1. Faktor pendukung

Pengetahuan perawat,fasilitas kebijakan RS,kerjasama Tim dan keluarga

  1. Faktor penghambat

Tidak semua RS mempunyai fasilitas bermain.

TERAPI BERMAIN


A. PENGERTIAN BERMAIN

Bermain adalah cara alamiah bagi anak mengungkapkan konflik dalam dirinya yang tidak disadari.(wholey and Wong,1991).

Bermain adalah suatu kegiatan yang dilakukan sesuai dengan keinginan untuk memperoleh kesenangan.(Foster,1989)

Bermain adalah kegiatan yang dilakukan untuk kesenangan yang ditimbulkan tanpa mempertimbangkan hasil akhir (Hurlock)

Jadimkesimpulannya bermain adalah cara untuk memperoleh kesenangan tanpa mempertimbangkan hasil akhir.


B. KATEGORI BERMAIN

1. Bermain aktif

Yaitu anak banyak menggunakan energi inisiatif dari anak sendiri.

Contoh : bermain sepak bola.

2. Bermain pasif

Energi yang dikeluarkan sedikit,anak tidak perlu melakukan aktivitas (hanya melihat) Contoh : memberikan support.


C. CIRI-CIRI BERMAIN

  1. Selalu bermain dengan sesuatu atau benda

  2. Selalu ada timbal balik interaksi

  3. Selalu dinamis

  4. Ada aturan tertentu

  5. Menuntut ruangan tertentu


D. KLASIFIKASI BERMAIN MENURUT ISI

  1. Social affective play

Anak belajar memberi respon terhadap respon yang diberikan oleh lingkungan dalam bentuk permainan,misalnya orang tua berbicara memanjakan anak tertawa senang,dengan bermain anak diharapkan dapat bersosialisasi dengan lingkungan.

  1. Sense of pleasure play

Anak memproleh kesenangan dari satu obyek yang ada disekitarnya,dengan bermain dapat merangsang perabaan alat,misalnya bermain air atau pasir.

  1. Skill play

Memberikan kesempatan bagi anak untuk memperoleh ketrampilan tertentu dan anak akan melakukan secara berulang-ulang misalnya mengendarai sepeda.

  1. Dramatika play role play

Anak berfantasi menjalankan peran tertentu misalnya menjadi ayah atau ibu


MENURUT KARAKTERISTIK SOSIAL

  1. Solitary play

Jenis permainan dimana anak bermain sendiri walaupun ada beberapa orang lain yang bermai disekitarnya. Biasa dilakukan oleh anak balita Todler.

  1. Paralel play

Permainan sejenis dilakukan oleh suatu kelompok anak masing-masing mempunyai mainan yang sama tetapi yang satu dengan yang lainnya tidak ada interaksi dan tidak saling tergantung, biasanya dilakukan oleh anak preschool

Contoh : bermain balok

  1. Asosiatif play

Permainan dimana anak bermain dalam keluarga dengan aktifitas yang sama tetapi belum terorganisasi dengan baik,belum ada pembagian tugas,anak bermain sesukanya.

  1. Kooperatif play

Anak bermain bersama dengan sejenisnya permainan yang terorganisasi dan terencana dan ada aturan tertentu. Bissanya dilakukanoleh anak usia sekolah Adolesen

E. FUNGSI BERMAIN

Anak dapat melangsungkan perkembangannya

  1. PERKEMBANGAN SENSORI MOTORIK

Membantu perkembangan gerak dengan memainkan obyek tertentu,misalnya meraih pensil.

  1. PERKEMBANGAN KOGNITIF

Membantu mengenal benda sekitar(warna,bentuk kegunaan)

  1. KREATIFITAS

Mengembangkan kreatifitas mencoba ide baru misalnya menyusun balok.

  1. PERKEMBANGAN SOSIAL

Diperoleh dengan belajar berinteraksi dengan orang lain dan mempelajari belajar dalam kelompok.

  1. KESADARAN DIRI(SELF AWARENESS)

Bermain belajar memahami kemampuan diri kelemahan dan tingkah laku terhadap orang lain.

  1. PERKEMBANGAN MORAL

Intraksi dengan orang lain bertingkah laku sesuai harapan teman menyesuaikan dengan aturan kelompok.

Contoh : dapat menerapkan kejujuran.

  1. TERAPI

Bermain kesempatan pada anak untuk mengekspresikan perasaan yang tidak enak misalnya : marah,takut,benci.

  1. KOMUNIKASI

Bermain sebagai alat komunikasi terutama bagi nak yang belum dapat mengatakan secara verbal, misalnya : melukis,menggambar,bermain peran.


F. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKTIVITAS BERMAIN

  1. Tahap perkembangan,tiap tahap mempunyai potensi/keterbatasan

  2. Status kesehatan,anak sakit→ perkembangan psikomotor kognitif terganggu

  3. Jenis kelamin

  4. Lingkungan → lokasi,negara,kultur.

  5. Alat permainan → senang dapat menggunakan

  6. Intelegensia dan status social ekonomi

G. TAHAP PERKEMBANGAN BERMAIN

  1. Tahap eksplorasi

Merupkan tahapan menggali dengan melihat cara bermain

  1. Tahap permainan

Setelah tahu cara bermain,anak mulai masuk dalam tahap perminan.

  1. Tahap bermin sungguhan

Anak sudah ikut dalam perminan.

  1. Tahap melamun

Merupakan tahapan terakhir anak membayangkan permainan berikutnya.

H. KARAKTERISTIK BERMAIN SESUAI TAHAP PERKEMBANGAN

1 BULAN

VISUAL : Lihat dengan jarak dekat

Gantungkan benda yang terang dan menyolok

AUDITORI : Bicara dengan bayi, menyanyi,musik,radio,detik jam

TAKTIL : Memeluk,menggendong,memberi kesenangan

KINETIK : Mengayun,naik kereta dorong


2-3 BULAN

VISUAL : Buat ruangan menjadi tenang,gambar,cermin ditembok

Bawa bayi ke ruangan lain

Letakkan bayi agar dapat memandang disekitar

AUDITORI : Bicara dengan bayi,beri mainan bunyi,ikut sertakan dalam pertemuan keluarga.

TAKTIL : Memandikan ,mengganti popok,menyisir rambut dengan lembut,gosok dengan lotion/bedak

KINETIK : Jalan dengan kereta,gerakan berenang,bermain air


4-6 BULAN

VISUAL : Bermain cermin,anak nonton TV

Beri mainan dengan warna terang

AUDITORI : Anak bicara,ulangi suara yang dibuat,panggil nama,

Remas kertas didekat telinga,Pegang mainan bunyi.

TAKTIL : Beri mainan lembut/kasar,mandi cemplung/cebur

KINETIK : Bantu tengkurap,sokong waktu duduk


6-9 BULAN

VISUAL : Mainan berwarna,bermain depan cermin,”ciluk ….ba”.

Beri kertas untuk dirobek-robek.

AUDITORI : Panggil nama “Mama …Papa,dapat menyebutkan bagian tubuh,

Beri tahu yang anda lakukan,ajarkan tepuk tangan dan beri perintah sederhana.

TAKTIL : Meraba bahan bermacam-macam tekstur,ukuran,main air mengalir

Berenang

KINETIK : Letakkan mainan agak jauh lalu suruh untuk mengambilnya.


9-12 BULAN

VISUAL : Perlihatkan gambar dalam buku. Ajak pergi ke berbagai tempat

Bermain bola, Tunjukkan bangunan agak jauh.

AUDITORI : Tunjukkan bagian tubuh dan sebutkan,

Kenalkan dengan suara binatang

TAKTIL : Beri makanan yang dapat dipegang

Kenalkan dingin,panas dan hangat.

KINETIK : Beri mainan

Mainan yang dianjurkan untuk Bayi 6-12 bulan

  • Blockies warna-warni jumlah,ukuran.

  • Buku dengan gambar menarik

  • Balon,cangkir dan sendok

  • Boneka bayi

  • Mainan yang dapat didorong dan ditarik

TODLER ( 2-3 TAHUN )

  • Mulai berjalan,memanjat,lari

  • Dapat memainkan sesuatu dengan tangannya

  • Senang melempar,mendorong,mengambil sesuatu

  • Perhatiannya singkat

  • Mulai mengerti memiliki “ Ini milikku ….”

  • Karakteristik bermain “Paralel Play”

  • Toddler selalu brtengkar saling memperebutkan mainan/sesuatu

  • Senang musik/irama

Mainan Untuk Toddler

  • Mainan yang dapat ditarik dan didorong

  • Alat masak

  • Malam,lilin

  • Boneka,Blockies,Telepon,gambar dalam buku,bola,dram yang dapat dipukul,

krayon,kertas.


PRE-SCHOOL

  • Cross motor and fine motors

  • Dapat melompat,bermain dan bersepeda.

  • Sangat energik dan imaginative

  • Mulai terbentuk perkembangan moral

  • Mulai bermain dengan jenis kelamin dan bermain dgn kelompok

  • Karakteristik bermain

  • Assosiative play

  • Dramatic play

  • Skill play

  • Laki-laki aktif bermain di luar

  • Perempuan didalam rumah

Mainan untuk Pre-school

  • Peralatan rumah tangga

  • Sepeda roda Tiga

  • Papan tulis/kapur

  • Lilin,boneka,kertas

  • Drum,buku dengan kata simple,kapal terbang,mobil,truk


USIA SEKOLAH

    • Bermain dengan kelompok dan sama dengan jenis kelamin

    • Dapat belajar dengan aturan kelompok

    • Belajar Independent,cooperative,bersaing,menerima orang lain.

    • Karakteristik “Cooperative Play”

    • Laki-laki : Mechanical

    • Perrempuan : Mother Role

Mainan untuk Usia Sekolah

6-8 TAHUN

Kartu,boneka,robot,buku,alat olah raga,alat untuk melukis,mencatat,sepeda.


8-12 TAHUN

Buku,mengumpulkan perangko,uang logam,pekerjaan tangan,

kartu,olah raga bersama,sepeda,sepatu roda.


BERMAIN DI RUMAH SAKIT

TUJUAN

  1. Melanjutkan tugas kembang selama perawatan

  2. Mengembangkan kreativitas melalui pengalaman permainan yang tepat

  3. Beradaptasi lebih efektif terhadap stress karena sakit atau dirawat

PRINSIP

  1. Tidak banyak energi,singkat dan sederhana

  2. Mempertimbangkan keamanan dan infeksi silang

  3. Kelompok umur sama

  4. Melibatkan keluarga/orang tua.

UPAYA PERAWATAN DLM PELAKSANAAN BERMAIN

  1. Lakukan saat tindakan keperawatan

  2. Sengaja mencari kesempatan khusus

BEBERAPA HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN

  1. Alat bermain

  2. Tempat bermain

PELAKSANAAN BERMAIN DI RS DIPENGARUHI OLEH :

  1. Faktor pendukung

Pengetahuan perawat,fasilitas kebijakan RS,kerjasama Tim dan keluarga

  1. Faktor penghambat

Tidak semua RS mempunyai fasilitas bermain.


Related Post



0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Archives

Pengunjung


widgeo.net

Ayat Al Quran

Follower

© Copyright 2010. wahidnh.blogspot.com . All rights reserved | wahidnh.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com| Modified by wahidnh.blogspot.com