Knalpot berasap
Knalpot berasap disebabkan terdapat kerusakan pada klep da seher, sehingga oli mesin ikut terbakar saat proses pembakaran. Kondisi ini terjadi karena kedua komponen tersebut berhubungan langsung dengan ruang bakar.
Cara menemukan permasalahan dan solusinya
Periksa kondisi seal klep. Seal klep yang bocor menyebabkan oli mesin dapat masuk ke dalam ruang pembakaran (Solusinya ganti seal klep).
Jika seal klep normal coba periksa bosh klep, kepala klep, dan posisi dudukan klep. Apakah kondisi masih baik, kotor, atau dudukannya sudah tepat. Klep kotor meyebabkan klep tidak menutup rapat, sehingga oli mesin dapat ikut terbakar saat proses pembakaran. Bosh klep aus menyebabkan oli pelumas klep dapat masuk ke dalam ruang bakar. Dudukan klep miring dapat menyebabkan klep tidak dapat menutup dengan sempurna dan oli pelumas dari bosh klep dapat masuk ke dalam ruang bakar. Solusinya yaitu seal klep yang rusak dan bosh klep yang aus harus diganti. Klep yang kotor cukup dibersihkan dengan bensin dan disetel ulang.
Jika seal klep dan bosh klep, serta dudukan klep normal, dapat disimpulkan terdapat kerusakan pada seher, ring seher, dan silinder. Kerusakan tersebut dapat berupa antara lain sebagai berikut.
Ring seher kendor ==> Menyebabkan oli pelumas yang digunakan untuk mendinginkan seher ikut terbakar.
Seher dan silinder aus ==> Seher atau silinder yang telah aus menyebabkan ring seher tidak dapat membersihkan oli pelumas, walaupun kondisinya masih bagus.
Solusinya seher dan ring seher yang rusak sebaiknya diganti. Seher diganti dengan seher yang diameternya lebih besar (oversize) dan ukuran silinder pun harus diperlebar (di-colter).
Sumber:
Suwarto, Toto. 2007. Mencari & Memperbaiki Kerusakan Sepeda Motor 4-Tak. Jakarta Selatan: Kawan Pustaka
Jumat, 04 Februari 2011
Knalpot berasap pada motor 4 tak dan 2 tak
Label:
otomotif
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar